Kamis, 30 Desember 2010

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)




Nama sekolah : SMP 3 Sukoharjo

Mata Pelajaran : Pengetahuan Alam

Kelas / Semester : VIII (Delapan) / 1 (satu)

Standar Kompetensi (SK) : 5. Memahami peranan usaha, gaya dan energi dalam kehidupan


sehari-hari

Kompetensi Dasar (KD) : 5.1. Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan


pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya

Indikator : 1. Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih segaris baik yang


searah maupun berlawanan


2. Membedakan besar gaya gesekan pada permukaan yang


berbeda keksarannya yaitu pada permukaan benda yang


licin, agak kasar dan kasar


3. Menunjukkan beberapa contoh adanya gaya gesekan yang


menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan


4. Membandingkan berat dan massa suatu benda

Alokasi Waktu :





A. Tujuan Pembelajaran


Peserta didik mampu :


1. Menyebutkan beberapa contoh jenis-jenis gaya yang bekerja pada suatu benda


2. Melukiskan resultan gaya-gaya segaris baik yang searah maupun yang belainan arah


3. Menghitung resultan gaya-gaya segaris baik yang searah maupun yang belainanarah


4. Menghitung besarnya gaya gesek pada berbagai permukaan kasar


5. Menyebutkan beberapa contoh adanya gaya gesek yang menguntungkan dan yang merugikan


6. Membedakan berat dan massa






B. Materi Pembelajaran


1. Gaya






C. Metode Pembelajaran


1. Pendekatan


2. Metode Pembelajaran


- Diskusi Kelompok


- Eksperimen


3. Model Pembelajaran


- Kooperatif Learning






D. Langkah-langkah


Pertemuan 1


1. Kegiatan Pendahuluan


a. Motivasi :


- Apa yang menyebabkan gerbong-gerbonh kereta api dapat bergerak?


b. Prasyarat Pengetahuan :


-Apa akibat yang timbul dari gaya yang kita berikan ?


c. Pra Eksperimen






2. Kegiatan Inti


a. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok


b. Guru menjelaskan cara menggunakan alat-alat yang berhubungan dengan gaya


c. Memberiakan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas


d. Peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan perintah, guru


membimbing kelompok siswa yang mengalami kesulitan


e. Peserta didik mendiskusikan isi / mengisi LKS






3. Penutup


a. Guru membimbing peserta didik untuk membuat kesimpulan dari hasil eksperimen


b. Uji kompetensi lisan






Pertemuan 2


1. Kegiatan Pendahuluan


a. Motivasi :


- Apa yang dimaksud gaya gesekan?


b. Prasyarat Pengetahuan :


-Mengapa gesekan kelereng didalam zat cair lebih lambat dari pada ketika kamu


menjatuhkan di udara?


c. Pra Eksperimen






2. Kegiatan Inti


a. Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok


b. Guru menjelaskan cara menggunakan alat-alat yang berhubungan dengan gaya gesekan


c. Memberiakan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas


d. Peserta didik mendiskusikan isi / mengisi LKS






3. Penutup


a. Pelaksaan diskusi dipimpin oleh guru


b. Guru membimbing peserta didik dalam membuat kesimpulan


c. Guru memberikan evaluasi untuk mengetahui daya serap peserta didik terhadap materi


yang baru dipelajari






E. Sumber Belajar


1. Buku Paket


2. LKS






F. Penilaian


1. Teknik :


- Tes Unjuk Kerja


- Tes Tertulis


2. Bentuk Instrumen :


- Uji petik Kerja


- Pilihan Gnada dan uraian


3. Soal instrumen :


Soal unjuk kerja


1.) Masing-masing kelompok ditugaskan untuk menyelidiki besar gaya gesekan lima permukaan


benda yang ada disekitar lingkunagn sekolah. Hasil penyelidikan tsb dipresentasikan di


depan kelas


RUBRIK / PEDOMAN PENSKORAN







NO ASPEK SKOR

1 Pemahaman terhadap konsep gaya 1

2 Pemahaman terhadap konsep gaya gesekan 1

3 Pemahaman dalam mengidentifikasikan berbagai 1


permukaan yang berbeda ditinjau dari kekasarannya

4 Kemampuan melakukan pengukuran secara terstruktur 1




Soal Pilihan Ganda


2.) Berikan contoh 4 gesekan:


A. Gesekan pada mesin mobil


B. Gesekan pada kopling


C. Gesekan angin pada mobil yang sedang melaju


D. Gesekan pada rem mobil untuk memperlambat kendaraan


Yang termasuk gaya gesekan yang menguntungkan adalah


Kunci jawaban D


Skor 1






Soal Uraian


3.) Sebutkan3 contoh gaya gesek yang merugikan!


Kunci jawaban


- Gaya gesekan antara mesin mobil dan koplinh


- Gaya gesekan antara udara dan mobil


-Gaya gesekan antara ban kendaraan dan jalan


Skor max 3


1 komentar:

  1. HEHEHEHE

    RPP letake g karuan gitu,,,hehe
    mohon dimaklumi,,,,,lagi jadi orang sibuk.....huhuhuhu

    BalasHapus